3/25/2009

Perajin Boneka di Kelurahan Kauman Kota Mojokerto


MEMASUKI gang sempit di Lingkungan Kauman V, Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto, siang kemarin tampak sepi. Tidak ada aktivitas warga yang berarti. Bahkan rata-rata pintu rumah penduduk di kecil itu sebagian besar tertutup.

Maklum selain panasnya terik matahari, kebanyakan mereka sedang melakukan aktivitas. Baik sebagai buruh PNS atau karyawan pabrik. Tetapi kesunyian itu seakan terbalas setelah di rumah Suhardi banyak dijumpai ribuan boneka dan aksesoris boneka yeng menumpuk.

Sebagian ada yang di masukkan dalam karung-karung besar bercampur bahan-bahan boneka. Dan lainnya sengaja dipajang di sebuah toko kecil samping rumah.

Jika dilihat dari depan yang terlihat memang boneka berbagai ukuran siap jual yang terlihat. Tetapi dibalik itu, aktivitas produksi justru terlihat di ruang tamu milik Suhardi.

Di rumah milik pria berusia 51 tahun itu terdapat empat wanita dan satu pria yang sedang mengerjakan pesananan. ''Untuk yang empat perempuan itu kader kami," ujar Suhardi.

Di sebut kader, kata Suhardi karena dalam proses produksi boneka ini mereka masih dalam tahap belajar. Mereka sengaja dikenalkan lebih dulu tentang bagaimana cara memproduksi boneka yang berkualitas. Dari cara membuat hingga membentuk karakter boneka yang diinginkan. ''Memang kita tidak mereka terima langsung sebagai karyawan. Biar mengenal dan tahu cara pembuatan yang sebenarnya. Nanti kalau sudah menguasai kita suruh membuat sendiri di rumah," jelasnya.

Dia menuturkan sejak awal berdirinya usaha yang dirintis tahun 2003 lalu, bersama Royid anaknya, mereka punya keinginan mewujudkan program sosial melalui kerajinan boneka. Baik bagi lingkungan sendiri maupun warga di luar Kelurahan Kauman yang ingin tahu lebih dalam tentang boneka. ''Kebanyakan sih kadernya dari ibu rumah tangga. Ya daripada mereka hanya ngerumpi lebih baik melakukan pekerjaan yang ada manfaatnya," jelasnya.

Meski baru berjalan lima tahun lalu, tapi usaha boneka milik Suhardi terbilang banyak diminati konsumen berbagai kalangan. Dari anak-anak hingga dewasa. Bahkn tidak sedikit merima order untuk hajatan pernikahan.

Salah satunya dibuktikan dengan omzet produksi yang dihasilkan tiap bulannya. ''Rata-rata untuk berbagai jenis biasa per bulan kita bisa menjual sekitar 5.000 boneka berbagai jenis," kata Rosyid.

Rosyid sendiri adalah anak pertama Suhardi dari 3 bersaudara yang di-gadhang-gadhang bakal meneruskan usaha. Rosyid yang kini banyak mendalami berbagai model boneka menceritakan, untuk saat ini yang banyak dimintati konsumen ada empat jenis boneka.

Diantaranya dolpin, bentuk love, hewan-hewanan dan bentuk aksesoris. Walaupun dikerjakan dengan cara manual, tapi boneka yang dibuat dari sampah kain perca itu hasilnya tak kalah dengan produksi pabrikan. Bahkan karakter boneka yang ditonjolkan mampu memikat hati konsumen dengan kelembutan dan warna-warni bahan baku.

Termasuk harga jual yang terkenal murah. ''Untuk ukuran paling kecil biasa dijual Rp 1.250-Rp 2.000 per buah. Sedangkan harga termahal berkisar anatar Rp 40.000 hingga Rp 50.000," papar Rosyid yang mengaku kini sudah memiliki 20 karyawan.

Meski begitu seperti usaha kerajinan pada umumnya, kerajinan boneka satu-satunya di Mojokerto itu juga menyimpan kendala. Terutama mengenai modal yang dianggap salah satu cara untuk mengembangkan usaha.

Kendati saat ini banyak pesanan yang membanjiri, namun usaha boneka tersebut rupanya belum bisa mengembangkan sayap. Lantaran mininmya perhatian dari Pemkot Mojokerto memasok modal usaha atau sekadar pinjaman lunak.

Karena itu, agar semakin banyak ibu rumah tangga atau perempuan yang tidak memiliki pekerjaam terserap dalam kerajinan boneka, Rosyid berharap ada pihak yang mau membantu memberikan modal. Baik dari pemkot sendiri maupun pihak swasta. ''Sebenarnya selama ini kita banyak permintaan. Tapi karena terbentur modal jadi kita putuskan memproduksi seadanya," tuturnya.

Bisnis Mojokerto Lainnya



12 komentar:

Anonim mengatakan...

menarik sekali untuk dikembangkan sebagai bagian dari peningkatan keterampilan dan kemandirian ekonomi yang bertumpu pada usaha kecil menengah. bagaimana langkah dan upaya pemerintah kota mojokerto memberikan kelonggaran dan fasilitas dalam mengembangkan usaha tersbut, ujung-ujungnya adalah peningkatan PAD kota

Anonim mengatakan...

bisa minta alamat dan contactnya?

balasan mohon dikirim ke
eagleval82@gmail.com

Anonim mengatakan...

boleh tau alamat dan no tlp pak suhardi usahawan pembuat boneka dari kelurahan kauman. jwbnya mohon di kirimkan ke email sudirman_wm@yahoo.com. makasih yah

Unknown on 2/08/2010 mengatakan...

boleh tau alamat dan no tlp pak suhardi usahawan pembuat boneka dari kelurahan kauman. jwbnya mohon di kirimkan ke email so.fun88@gmail.com. makasih yah

dyah on 1/26/2011 mengatakan...

Yth Pak Suhardi, saya tertarik dengan tulisan ini, saya minta tolong dikirimkan alamat dan no telp bpk ke email saya : romadyah.agustina@gmail.com. jika ada saya minta dikirimkan juga katalog/daftar harga boneka berikut katalog nya. terima kasih

Anonim mengatakan...

jika berkenan mohon sms kan contact number Bp.Suhadi ke nmr 085850875150 , thanks

Anonim mengatakan...

Yth pak Suhardi, sy mnt tolong di kirimkn no telp bpk ke no 085640037186
sy mau pesan boneka.. terima kasih

Unknown on 11/10/2013 mengatakan...

bisa minta no telp dan alamatnya pak?
terima kasih

Zamzam Badruzzaman on 8/12/2014 mengatakan...

barangkali ada yang membutuhkan kain bahan boneka bisa hubungi 08562159949 tks

Unknown on 10/20/2015 mengatakan...

saget nyuwun no. hp nipun jenengan pak? jenengan bales mawon teng email kulo dabdul45@yahoo.co.id. matur suwun

NSC (Nucleon Smart Center) on 1/16/2016 mengatakan...

yth Bpk Suhardi,, mnta tolong kirimkan no telp/hp bapak k email kami nucleoncoorporation5758@gmail.com atau bisa d no hp kami 08816234937. terimakasih. mohon drespon pak.

Unknown on 4/19/2017 mengatakan...

Untuk bonekanya isi apa mbak?
Karena kebetulan saya punya banyak stock serehan spon untuk isi boneka atau mebel, mungkin bisa jalin kerjasama silahkan hubungi kami dsni 085791243390
Trimkasih

Posting Komentar

Posting Bisnis Mojokerto Terbaru

Promosikan Bisnis Anda Di Sini

Jika anda punya bisnis yang ingin ditampilkan di bisnismojokerto.co.cc, Kirimkan Informasi Bisnis Anda pada kolom di bawah ini. INGAT!, Cukup sekali kirim saja dan yang sesuai yang akan kami tampilkan.
Nama Anda
Alamat Email
Bisnis Anda
Keterangan
Image Verification
Please enter the text from the image [ Refresh Image ] [ What's This? ]
 

Pengikut

Bisnis Mojokerto

Bisnis Mojokerto © 2009 Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez